Gurita Bisnis Kiky Saputri: Dulu Oke Gas Dukung Prabowo-Gibran, Kini Dikritik Habis-habisan

 


Baru-baru ini, komika Kiky Saputri tengah menjadi topik perbincangan hangat. Ia dulu disorot karena berlagak netral, namun rupanya 'oke gas' mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Namun, setelahnya, Kiky kerap mengeluhkan beragam kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi. Ia pun dirujak karena jika memilih keberlanjutan yang diusung Prabowo-Gibran, maka tak seharusnya melayangkan protes.

Kiky kembali disorot usai menyampaikan surat terbuka soal SK CPNS kepada Mendikbud. Meski menerima apresiasi, ia juga dirujak karena aksinya terlihat setting-an. Dalam hal ini, gurita bisnisnya ikut menuai sorotan.

Gurita Bisnis Kiky Saputri


Kiky Saputri hanya membuka bisnis endorsement melalui akun Instagram-nya @kikysaputrii yang punya 3,2 juta pengikut. Ia juga diketahui ditunjuk menjadi Brand Ambassador (BA) skincare hingga sampo.

Selain itu, istri Muhammad Khairi ini masih aktif mengambil job offline sebagai komika. Dalam pekerjaan ini, ia mengisi acara korporat atau lainnya. Adapun tarif stand up Kiky selama 10 menit bisa mencapai Rp 25 juta.

Dari komika, Kiky kerap diajak bermain film dan series berjudul Imperfect. Aktingnya yang natural membuat perempuan kelahiran tahun 1993 ini dipuji. Di sisi lain, sebelum aktif di dunia hiburan, ia lebih dulu menjadi seorang guru.

Lanjut, sejak tahun 2021, Kiky Saputri menjadi pemain tetap di acara komedi Lapor Pak! Trans7. Bukan hanya itu, ia juga diketahui mengisi program televisi lain seperti Bukan Umbar Janji, For Your Pagi, hingga Pas Buka.

Selain program televisi, Kiky juga beberapa kali mengisi program di sejumlah kanal YouTube. Salah satunya bersama Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. Ia juga punya kanal sendiri dengan 820 ribu subscribers.

Dari berbagai konten YouTube itu, Kiky berhasil menambah penghasilannya. Melansir laman Social Blade, ia melalui kanal Kiky Saputri Official diperkirakan mampu meraup sekitar USD18.200 atau Rp283 juta per bulan.


Di platform X, Kiky menjadi topik perbincangan hangat. Tepatnya usai menulis pesan terbuka kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim soal SK CPNS. 

Namun, ia tetap dirujak warganet karena aksinya dinilai buatan. Adapun awalnya, Kiky Saputri melalui akun X-nya pada 17 Juli 2024, meminta agar Nadiem segera memberikan kejelasan mengenai SK kepada para CPNS.

Tak lama, akun Kemendikbud langsung membalas cuitan Kiky. Mereka menjanjikan untuk menyelesaikan SK Pengangkatan CPNS paling lambat akhir Juli 2024. Hal ini lantas membuat Kiky Saputri menerima apresiasi.

Namun, ada warganet yang menduga peristiwa itu seperti sudah direncanakan. Pasalnya, waktunya dianggap terlalu cepat dan sebelumnya pernah ada yang menggaungkan hal sama tetapi tidak ditindaklanjuti.

Aksi itu pun dikaitkan dengan Kiky yang mendukung Prabowo-Gibran. Warganet juga menyebut jika Kiky memang ikhlas membantu atau tidak dibayar, maknanya ia hanya dimanfaatkan oleh Kemendikbud.

"Tanggal suratnya sehari dong setelah viral. SK sebanyak itu selesai ditandatangani dalam sehari? Seperti direncanakan viralnya," tulis seorang warganet seperti dikutip Minggu (21/7/2024).

"Guru honorer itu udah viral sama Mas @zanatul_91 jauh sebelum diminta. Ada tindakannya? Kagak. Bu Asniani guru TK pensiun diminta balikin gaji juga viral. Ada tindakannya? Kagak. Keluarganya masih dipingpong sampai hari ini. SK sehari langsung jadi? Pfft. Kalaupun elu emang ikhlas bantu, berarti lu dimanfaatin buat cuci tangan Kemendikbud," tulis akun tersebut lagi. https://www.suara.com/l 

Lebih baru Lebih lama