Sakit Hati Dipecat, Mantan Security Colong Video Ria Ricis Berbaju Minim dan Rekaman CCTV

 Polisi telah berhasil meringkus tersangka pengancaman dan pemerasan terhadap Ria Ricis. Pria berinisial AP tersebut terkonfirmasi sebagai mantan sekuriti di rumah Ria Ricis.

Ketika masih bekerja di sana, AP sempat menerima pemberian ponsel lama Ria Ricis yang ternyata di dalamnya masih tersimpan beberapa data pribadinya. Tak hanya itu, AP juga mengabadikan video rekaman CCTV rumah Ricis.

"Pelaku ini benar adalah mantan sekuriti atau satpam di rumahnya korban. Dari mana dia mengambil dokumen pribadi ini? dari CCTV rumah korban saat dia bekerja," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam kepada wartawan, Rabu (12/6/2024).

"Yang kedua, dari handphone. Jadi saat bertugas sebagai sekuriti atau satpam, dikasih handphone sama korban untuk dipakai bekerja namun masih ada data-data pribadi di sana," sambung Ade Ary.

AP mengambil video yang memperlihatkan Ria Ricis sedang beraktivitas di dalam rumah dengan mengenakan baju yang kurang tertutup.

Ria Ricis (Instagram/@riaricis1795)
Ria Ricis (Instagram/@riaricis1795)

Terlebih ketika beraktivitas di gym yang ada di kediamannya, Ricis kerap menggenakan pakaian minim karena tengah berolahraga.

Tak hanya mengambilnya, AP kemudian memanfaatkan file-file tersebut untuk mengancam dan memeras Ria Ricis. Didorong rasa sakit hati karena dipecat dan desakan ekonomi, AP nekat meminta uang senilai Rp 300 juta pada Ria Ricis sebagai jaminan foto dan video pribadinya tak akan disebar.

"Kami tanya ke Kasubdit, ada rasa sakit hati karena diberhentikan dari pekerjaannya sebagai satpam. Kombinasi juga dengan kebutuhan ekonomi, makanya sampai menyebut angka yang cukup besar (yaitu) Rp300 juta," ungkap Ade Ary.

Ria Ricis buang baju yang punya kenangan buruk dengan Teuku Ryan (YouTube Ricis Official)
Ria Ricis buang baju yang punya kenangan buruk dengan Teuku Ryan (YouTube Ricis Official)

AP yang gencar melempar ancaman baik pada Ricis maupun asistennya itu justru menerima akibatnya. Alih-alih ditransfer uang oleh Ricis, ia justru diringkus pihak kepolisian.

AP berhasil ditangkap polisi di rumahnya di kawasan Cipayung, Jakarta Timur pada Senin (10/6/2024) lalu. Ia sudah ditetapkan sebagai tersangka dan kasus pemerasan ini sudah naik ke tahap penyidikan.

Ria Ricis diketahui melaporkan kasus ini ke Polda Mtero Jaya pada 7 Juni lalu. Menurutnya, seseorang telah mengancam akan menyebarkan foto dan video pribadinya bila tak diberi uang Rp 300 juta.

Ria Ricis mengalami rasa takut dan kecemasan luar biasa akibat menerima ancaman selama lima hari berturut-urut. Dalam keterangannya, Ricis menjelaskan kalau dia sendiri kenal dengan pelaku karena dia sendiri yang memberikan ponsel lamanya kepada lelaki itu. bling.matamata.com/

Lebih baru Lebih lama